Ikutan Belajar

Ibuk2 yang punya anak masih duduk di bangku SD, pasti mahfum, kalo ngajakin anak belajar itu, butuh strategi jitu. Palagi anak kelas satu SD, yang rentang perhatiannya masih pendek. Palagi kalo anaknya petakilan kayak Bening.

Untuk jenis pelajaran menghapal, ane yang kudu bacain materinya kenceng2, sementara Bening nyimak sambil jejingkrakan nari2 ala korea. Bukan cuma Bening yg keringatan dan ngos ngosan, emaknya juga. Karena kudu ngulangin beberapa kali itu materi, sampe benar2 keserap ama Bening. fuih. Nikmatin aja, Lon.

Padahal, pelajaran hafalannya Bening itu, lumayan banyak, lho. Ada fikih, akidah akhlak, sampe bahasa Arab. Belom termasuk hafalan surat2 pendek dan hadist. Mau gak mau, emaknya ikutan belajar juga. Terutama bahasa Arab. Syumpah, baru kali ini ane belajar bahasa Arab. Itulah sebabnya, kenapa jerawat ane gak ilang2. haiyah.

Untuk pelajaran matematika, Bening cukup ane kasih soal2 buat latihan. Untuung..pelajaran matematika kelas satu belom susah, he3..tau sendiri, otak ane kurang ramah matematika.

Btw, kemaren Bening dikasih tugas matematika, disuruh bikin contoh soal cerita untuk penjumlahan. Ane pikir, Bening pasti bisalah, kan dia jago bikin cerita. Begitu ane periksa, begini contoh soal cerita yg dibuat ama Bening:
Nina mempunyai 20 kakak, dan 10 abang, dan 3 org adik. Berapakah jumlah keluarga Nina?

Waduuh, kasihan emaknya Nina, ning.. he3..

Tapi, sebagai emak yg baek, dan ingin mendukung potensi anak, ane mencoba melihat sisi positifnya. Kalo menurut ane sih, Bening itu anti mainstream! eeaaak..
coba, kalo Bening bikin soal ceritanya kayak gini: Nina mempunyai 5 buah pita, lalu ibu membelikan 3 buah pita, berapakah jumlah pita Nina, sekarang?
itu kan mainstream banget ya, gak ada kejutannya, he3.. bisa aja kang bajaj.

Ujung2nya kita malah bikin soal2 nyeleneh, kayak:
ibu membeli 10 butir telur di warung. Di kulkas masih ada 5 butir telur. Telur apakah yg dibeli ibu? telur ayamkah? atau telur asin?
Mama mempunyai Satu jerawat di hidung, dan dua jerawat di pipi. Jerawat manakah yg paling besar?
ahahahak..
Ternyata belajar matematika itu, gak selalu membosankan ya, kengkawan. Liat dulu dong, sapa yg belajar dan sapa yg mengajar. Selamat datang di ruang guru..
hohoho..

Semangat!!

Lona#Iseng2Nyampah

Advertisements

2 thoughts on “Ikutan Belajar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s