Cerita Tukang Sayur

Ente sudah kenal belom ama Siti, tukang sayur langganan ane?
Bukan Siti Badriyah yg pengen dimanja itu, ya. Siti yang ini udah legen lho, di kompleks ane. Sapa coba, ibuk2 yang nggak kenal Siti?? sapa??

Dari namanya ente pasti mengira kalo dia itu orang Manado, kan? ahaha..
salah! Dia itu orang batak. Siti itu jujur dan ramah.
Itulah salah satu alasan kenapa ane sering belanja ama dia. Walaupun kata orang, belanja ama dia itu rada mahal. Tapii..ane kan orang kayaa, mahal dikit gak masalah dong buat ane, yg penting boleh ngutang. he3…pletak!

Ane bisa titip apa aja ama Siti. Dari sayuran, ikan ayam, buah2an, beras, teh tarik, sampe pelembut pakaian. kekurangannya cuma dua: datang suka kesiangan, dan kadang2 suka lupa. Paling sebel kalo dia udah lupa. Jadi ingat pepatah:
Gara2 Siti lupa, rusak susu sebelanga. jiiaah..

Selaen Siti, ada Ibun. Yang ini laki2. Tapi sayang, wajahnya tak tampan. haiyah. Saban kali ada udang dan cumi2 yg bagus, dia pasti singgah ke rumah, nawarin ane. Tampang ane tampang sea food kali yak. Belanja ama Ibun emang lebih murah, udah gitu suka ngasih diskon lagi. Padahal ane gak pernah nawar, lho. sumpah! itu pantangan buat ane. Kalo nilep sering. he3..
Kekurangannya cuma satu: gak bisa pesan. Dia kagak punya hp. catet: istrinya pencemburu! set dah..

Dan sekarang ane nemu tempat belanja baru.
Warung ini termasuk serba ada. Udah gitu murah lagi. Yang punya, sepasang suami istri yang baek hati. Warung mereka ini jadi tumpuan hutang, para tetangga yg kurang mampu. Mereka nggak pernah nolak, walaupun yg ngutang banyak banget.

kekurangannya cuma satu:
kalo pas anaknya yg berkebutuhan khusus, yang lagi jagain warung. Bukan apa2, dia suka mood2an.
kalo lagi gak mood, ada pembeli pun dicuekin aja ama dia.

Yang berniat ngutang, begitu liat dia yg jaga warung, pasti balik badan. Dari pada diomelin dengan suara kencang:
” hutang lagii..hutang lagii..”
” Paling malas kalau ada yang hutang”
“hutang terus tak pernah dibayar”
he3..sadis yak. Tapi lucu juga sih.
Konon, dia udah sering dinasehatin bapak ibunya, ” jangan gitu le, kan tidak semua orang punya uang.”
Tapi belum mempan tuh kayaknya.

Padahal kan, kalo anaknya udah nggak galak lagi, ane juga mau ngutang disono, he3..ups!

btw, kalian biasa ngutang, eh.. belanja dimana? kurang-kurangilah kebiasaan metik sayuran di kebun tetangga. Pura2 nemu telur di kandang ayam tetangga. Apalagi pura2 nemu rendang di meja makan tetangga. Kecuali tanggal tua, he3..

Semangaat!

Lona#Iseng2Nyampah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s